Kitab Ushulul Fiqh
Al Luma Fi Ushulil Fiqh | Imam asy-Syairazy
Kitab yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi di kalangan pengkaji literatur Ushul Fiqh. Kitab tersebut bernama al-Luma’ yang disusun oleh Imam Abu Ishaq Ibrahim bin ‘Ali bin Yusuf al-Fairuzzabady asy-Syairazy asy-Syafi’iy yang wafat pada tahun 476 H. Kitab ini memiliki kedudukan tinggi di antara kitab-kitab Ushul Fiqh lainnya dan menjadi inspirasi serta rujukan bagi banyak kitab Ushul Fiqh yang muncul setelahnya.
Beliau tidak hanya seorang ahli fiqih, tetapi juga penulis kitab al-Muhadzdzab fi Fiqh asy-Syafi’y yang memiliki kedudukan tinggi. Selain itu, beliau juga dikenal mahir dalam berdebat mengenai ilmu kalam, seperti yang diakui oleh banyak ulama, baik muridnya maupun ulama yang sezaman dengannya.
Penghargaan para ulama terhadapnya berasal dari kesungguhan dan kehati-hatiannya dalam menuntut ilmu. Beliau pernah mengungkapkan bahwa ia mengulang satu qiyas hingga 1000 kali sebelum beralih ke qiyas lainnya dan melakukan hal yang sama. Bahkan, beliau mengulang satu pembahasan sebanyak 1000 kali. Jika dalam satu masalah terdapat penggalan bait yang dijadikan dalil, beliau akan menghafal seluruh gubahan bait tersebut.
Kitab al-Luma’ tidak muncul tanpa alasan. Berdasarkan pengakuan beliau, kitab ini merupakan hasil dari kitab sebelumnya, at-Tabshirah, yang juga merupakan kitab Ushul Fiqh. Kitab at-Tabshirah memuat masalah-masalah Ushul Fiqh yang diperdebatkan tanpa memasukkan definisi-definisi yang diperlukan. Oleh karena itu, kitab al-Luma’ disusun sebagai penjelas dan pengarah dari kitab at-Tabshirah. Dalam al-Luma’, silang pendapat tidak lagi disebutkan dan definisi yang dibutuhkan dimuat dengan jelas, bahkan pada pembahasan pertama kitab ini sudah menyajikan definisi dari definisi.
Kitab al-Luma’ berformat ringkasan, seperti yang dinyatakan oleh beliau dalam mukadimah kitab. Isinya dimulai dengan masalah definisi ilmu dan zan, kemudian definisi Ushul Fiqh, amar dan nahy, hingga ditutup dengan bab ijtihad. Meskipun al-Luma’ berbentuk ringkasan, namun silang pendapat tetap ada, setidaknya memuat 2-4 pendapat saja. Setiap pendapat tersebut dibahas satu persatu, dan beliau menjelaskan alasan ketidakbenaran pendapat tersebut serta menegaskan pendapat yang benar beserta dalilnya.
Kitab al-Luma’ juga memuat beberapa modifikasi pendapat beliau sendiri dari kitab at-Tabshirah, setidaknya ada tiga masalah yang pendapat beliau berubah, yaitu masalah amar dan nahy, syariat sebelum syariat sekarang, dan hukum asal (bab qiyas).
Kitab al-Luma’ kemudian juga beliau syarh sendiri. Riwayat menyatakan bahwa syarahan tersebut bertajuk al-Wushul ila Masail al-Ushul atau Syarh al-Luma’. Syarahan ini merupakan penjelasan yang sempurna di antara syarah-syarah lainnya, sehingga tidak mengherankan jika kitab ini sangat tebal, lebih dari 1000 halaman.
Akhirnya, meskipun al-Luma’ merupakan mukhtasar, kitab ini sangat cocok dikaji setelah mempelajari kitab-kitab Ushul Fiqh tingkat menengah-bawah lainnya. Nama al-Luma’ diberikan karena kitab ini memancarkan 'cahaya' ilmu Ushul Fiqh yang bisa 'menyilaukan' pikiran pembaca.
كتاب اللمع في أصول الفقه للشيرازي
اسم هذا الكتاب ليس غريباً على مسامع الباحثين في أدبيات أصول الفقه. الكتاب يُسمّى اللمع، الذي قام بتأليفه الإمام أبو إسحاق إبراهيم بن علي بن يوسف الفيروزابادي الشيرازي الشافعي الذي تُوفّي عام 476 هـ. يحتل هذا الكتاب مكانة عالية بين كتب أصول الفقه الأخرى، ويُعدّ مصدر إلهام ومرجعاً للعديد من الكتب التي جاءت بعده.
لم يكن الإمام الشيرازي مجرد فقيه فحسب، بل كان أيضاً مؤلف كتاب المهذب في فقه الشافعية، الذي يحتل مكانة مرموقة. بالإضافة إلى ذلك، كان معروفاً بمهارته في المناظرات في علم الكلام، كما شهد له بذلك العديد من العلماء، سواء كانوا من تلاميذه أو من معاصريه.
إن تقدير العلماء له ينبع من جديته وحذره في طلب العلم. فقد أفصح في مقولة مشهورة له أنه كان يكرر القياس الواحد ألف مرة قبل أن ينتقل إلى قياس آخر ويفعل الشيء نفسه. وكان يكرر المسألة الواحدة ألف مرة. وإذا كان هناك جزء من بيت شعري يُستخدم كدليل في مسألة ما، فإنه كان يحفظ البيت الشعري كاملاً.
لم يولد كتاب اللمع دون سبب. وفقاً لاعترافه، فإن هذا الكتاب هو نتاج كتابه السابق، التبصرة، الذي هو أيضاً كتاب في أصول الفقه. يحتوي كتاب التبصرة على مسائل أصول الفقه المختلف فيها دون أن يضم التعريفات الضرورية. ولذلك، تم تأليف كتاب اللمع كشرح وتوجيه لكتاب التبصرة. في اللمع، لم تُذكر الاختلافات كما في التبصرة، وتم تضمين التعريفات المطلوبة بوضوح، حيث تم تقديم تعريف التعريفات في بداية الكتاب.
يُعد كتاب اللمع ملخصاً، كما ذكر المؤلف في مقدمة الكتاب. يبدأ محتواه بمسائل تعريف العلم والظن، ثم تعريف أصول الفقه، والأمر والنهي، وينتهي بباب الاجتهاد. على الرغم من أن اللمع مُختصر، إلا أن الاختلافات موجودة، حيث يحتوي على 2-4 آراء في الأقل. تم تناول كل رأي منها بالتفصيل، وبيّن المؤلف سبب بطلانها، وأكد على الرأي الصحيح مع دليله.
كما يحتوي كتاب اللمع على بعض التعديلات في آرائه الشخصية مقارنة بكتاب التبصرة، خصوصاً في ثلاث مسائل وهي: الأمر والنهي، الشريعة السابقة للشريعة الحالية، وحكم الأصل (باب القياس).
لاحقاً، قام المؤلف بشرح كتاب اللمع بنفسه. يُقال أن هذا الشرح يُسمّى الوصول إلى مسائل الأصول أو شرح اللمع. يُعد هذا الشرح كاملاً مقارنة بالشرح الأخرى، لذا لا يُستغرب أن يكون الكتاب ضخماً بأكثر من 1000 صفحة.
أخيراً، على الرغم من أن اللمع هو مختصر، إلا أنه مناسب جداً للدراسة بعد الاطلاع على كتب أصول الفقه ذات المستوى المتوسط والدنيا. سُمّي الكتاب باللمع لأنه يُشعّ بنور علم أصول الفقه الذي قد 'يُبهر' عقول القرّاء.
كتاب اللمع في أصول الفقه للشيرازي
Post a Comment
0 Comments
SILAHKAN BERKOMENTAR UNTUK REQUEST KITAB ATAU CURHAT HAL LAINYA